10 barang yang perlu dipersiapkan sebelum kelahiran anak pertama







Assalaamu'alaikum wr. wb

Momongan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu di dalam suatu pernikahan. Apalagi anak pertama, orang tua yang newbie kadang heboh sendiri beli ini itu sampai habis duit berjuta-juta. Padahal barang-barang itu masih belum perlu buat si baby. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman kakak saya yang baru aja punya baby (bukan pengalaman saya yaa… hehehe). Ini dia 10 barang yang perlu dipersiapkan sebelum kelahiran anak pertama.
  • Popok dan pampers 
Jelas ini adalah kebutuhan pokok ya. Bayi kan harus minum ASI tiap dua jam. Berarti dalam satu hari bayi tu bisa minum sampai 12 kali sehari. Tentunya habis minum pasti diekskresikan lewat pipis dan beol. Yaa kira-kira 8-10 kali lah ganti popok tuuh dalam sehari. Bisa dibayangin kan mau beli berapa popok. Saran saya sih pilih popok yang agak gede aja biar kepake agak lama. Soalnya bayi kan pertumbuhannya cepet banget. Pampers dipake kalo lagi pergi aja. Kalo buat sehari-hari sih sayang uang n kulit baby-nya.
  • Baju 
 Yang dibutuhin adalah baju tanpa lengan dan berlengan pendek. Yang tanpa lengan dipake kalo siang-siang panas. Paling sehari ganti baju 3-4 kali.
  • Kain bedong
Bayi sering banget diubet-ubet pake kain alias dibedong. Meskipun dalam sehari ga dibedong terus-terusan, tetep aja jaga-jaga 2-3 kain dalam sehari. Siapa tau ngompol trus tembus ke kain bedongnya. Saran saya ya, kalo ga kena beol, alias basah karena pipis atau keringet, dijemur lagi aja. Ga usah langsung dicuci. Hemat tenaga n deterjen. Hehe.
  • Pelindung dingin
Kopyah fungsinya nglindungin kepala bayi dari dinginya udara. Apalagi kalo si baby habis digundulin. Hehe. Dua aja cukup kali yaa. Kaos kaki n kaos tangan penting juga nih buat bayi. Bayi masih belum bisa mengatur suhu tubuhnya dengan baik. Gampang jadi biru tu tangan dan kakinya kalo lagi kedinginan. Cara mencegahnya adalah dengan pake kaos tangan dan kaos kaki. Siapin 2-3 pasang aja.
  • Bantal dan Guling
    Butuh dua pasang aja cukup.
  • Perlak 
Perlak penting juga nih biar kasur kita ga keompolan si baby. Dua aja cukup. Satu buat alas bobok, satu lagi buat alas mandi dll. Yang alas bobok pilih aja perlak yang empuk. Kalo alas mandi pake perlak yang tipis n permukaannya rata biar gampang dicuci.
  • Selendang
Yang ini sih buat alas bobok juga. Tapi letaknya di atas perlak. Fungsinya ya biar ompolan baby ga langsung kena perlaknya.
  • Alat toilet
Kalo baby pipis atau beol, kita lap aja pake tisu basah trus dibuang deh ke tempat sampah (tisunya yang dibuang). Trus popok yang kotor dimasukin ke ember kotoran dan siap dicuci.
  • Alat mandi
Terdiri atas ember mandi, sabun head to toe, handuk, sisir n sikat rambut, minyak telon, minyak rambut. Masing-masing satu aja.
  • Gendongan
Penting juga nih. Kalo baby lagi rewel ya tinggal gendong aja sambil dinyanyiin lagu-lagu anak-anak. Gendongan kan mengurangi tenaga kita buat gendong jadi kerasa ringan deh.
Itu aja barang-barang yang perlu dipersiapkan sebelum baby pertama lahir. Para ortu ga usah hebring beli ini itu. Bukannya ngarepin banget ya. Tapi biasanya sih banyak banget yang ngasih kado. Bisa peralatan mandi, baju-baju, alat makan, bisa aja dikasih kereta dorong. Jadi ngirit deh. Hehe. Semoga bermanfaat.

Wassalaamu'alaikum wr. wb

Sumber gambar: http://www.freepik.com/free-vector/hand-drawn-mom-with-her-baby-card_853498.htm Designed by Freepik

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "10 barang yang perlu dipersiapkan sebelum kelahiran anak pertama"

  1. Dan biasanya anak ke dua cuma dapat lungsuran dari kakaknya aja heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, betuul mbaak. hehehe. makanya warna barang2 itu netral aja. jd bisa untuk adek cewek atau cowok. hehehe
      makasih sudah mampir 😊

      Delete
  2. Iya sih, kadang ibu2 muda yang baru punya anak sangat antusias. Sembarang dibeli. :D

    ReplyDelete
  3. Tips yang keren banget buat para ibu muda. Biar gak kebablasan belinya, dan ujung2nya jadi gak kepake. :D

    ReplyDelete