Hobi Tenis? Awas cedera Tennis Elbow


Assalamu'alaikum wr.wb

Olahraga tenis lagi digandrungi banget nih. Jadi hobi olahraga utama gitu. Temen-temen kampus, dosen-dosen, bahkan pacar sendiri (2016: sekarang suami. Hehe) juga lagi gandrung sama olahraga ini. Tenis diidentikkan dengan olahraganya para elit, bos-bos. Kata pacar sih, latian tenis buat ndeketin atasan. Sapa tau dikasih rekomendasi beasiswa sekolah ke luar negrii.. hohoho niatnya salaaah.. Harusnya minta, ndeketin Allah doonk. DIA yang Maha Punya. Astaghfirullooh. 

Semua jenis olahraga tentu punya risiko buat cedera, termasuk si tenis ini. Tapi tau ga sih ada jenis cedera yang sering banget dialami sama pemain tenis hingga dapet julukan Tennis Elbow.




Tennis elbow ini biasa terjadi saat nglakuin pukulan backhand (pukulan dengan punggung tangan menuju ke depan). Bisa juga terjadi karena raket yang digunain terlalu keras n berat, pegangan raketnya kekecilan atau kegedean, bisa juga karena senarnya ga kenceng.
hobi-tenis-awas-cedera-tennis-elbow

Jadi, apa sih sebenernya tennis elbow tu?

Namanya aja elbow, pasti cederanya di siku lah yaa. Misalnya gerakan backhand yang terus menerus berulang-ulang nyebabin tendon antara otot fleksor dengan epicondilus lateral jadi bengkak. Eaa, apa lgi istilah ituu? Pokoknya, otot yang fungsinya merentangkan tangan. Naah, kalo bengkak ya fungsi itu jadi berkurang dan timbul rasa nyeriiii di siku bagian luar.

Selain nyeri yang makin menjadi, gejalanya bisa berupa sulit menggerakkan siku. Terutama waktu salaman, ngambil atau bawa cangkir kopi, muter slot pintu, dan lain-lain.

(Baca juga, Ayo Gemari Main Tenis, Ini Manfaatnya)

 

Penanganannya gimana?

  1. Yang pasti adalah hentikan segala macam aktivitas yang bisa nimbulin rasa sakit
  2. Habis itu langsung kompres pake air dingin. Kompres ini bisa menghentikan perdarahan dalam sama ngurangin akumulasi cairan di sekitar luka. 
  3. Ingat ya, jangan anggap remeh cedera ini. Jadi segera priksa ke dokter. Biasanya sih dokter ngasi obat analgesik gitu buat ngurangin rasa sakitnya. 
  4. Kalo udah dikasih obat, selanjutnya ya istirahatin tu lengannya. Paling engga 4-8 minggu.
  5. Kompres air dingin paling tidak satu kali sehari selama 2-4 hari. 
  6. Kalo udah ngga bengkak lagi, ganti kompresnya dengan air hangat buat memperlancar aliran darah (di darah ada substansi2 yang dibutuhin buat penyembuhan luka). 
  7. Trus sembuh deh.. Tapi ya ga langsung maen tenis kayak biasanya lagi. Tetep harus latihan dulu hati-hati. Jangan dipaksain. Oke??

Sah-sah saja punya hobi main tenis. Asalkan tetap hati-hati terhadap risiko cedera, biasanya Tennis  Elbow.

Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum wr.wb

Sumber gambar: 
http://www.orthohealing.com/tag/tennis-elbow/
http://www.freepik.com/free-vector/tennis-player-icon_848789.htm Designed by Freepik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hobi Tenis? Awas cedera Tennis Elbow"

Post a Comment