Kolak Pisang Enak, Manis, Gurih, dan Yummy



Assalaamu’alaykum warohmatulloohi wabarokaatuh
Lagi pengen mimik kolak pisang nih, meskipun bukan bulan puasa. Anget-anget di suasana dingin hujan-hujanan gini. Sungguh syahdu. Ditambah lagi harganya nurah, bikinnya juga praktis. Semakin semangat eksperimen di dapur sendiri. Check this out!!



Bahan-bahan:
  • 500 gram pisang kepok yang udah mateng
  •  200 gram gula jawa (udah disisir halus)
  • 100 gram kolang-kaling (dipotong jadi dua)
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • 600 ml santan kelapa
  • ½ sdt vanili
  • Air secukupnya (untuk merebus gula jawa)


Cara bikinnya:
  • Kupas pisang lalu potong-potong sesuai selera. Lalu sisihkan.
  • Rebus gula jawa dengan 70 ml air sampai larut. Angkat dan saring.
  • Campurkan rebusan gula jawa tadi dengan gula pasir, garam, vanili, dan santan kelapa ke dalam panci.
  • Lalu rebus semua bahan di panci tadi sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  • Habis itu, masukkan potongan pisang dan kolang-kaling lalu tunggu hingga beneran matang.
  • Jika sudah matag, angkat.
  • Kolak pisang enak, manis, gurih, dan yummy siap dinikmati.


Ternyata si kolak gak hanya cocok dinikmati anget-anget di cuaca dingin doank. Bisa dijadikan es kolak pisang yang menyegarkan dahaga di kala panas menyengat. Tinggal ditambah es prongkol aja. Hihihihhi. Selamat menncoba dan selamat menikmati.


Wassalaamu’alaykum warohmatulloohi wabarokaatuh

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kolak Pisang Enak, Manis, Gurih, dan Yummy"

  1. Hmm.. nikmatnya Mak kolak pisangnya. Di Surabaya masih panas nih Mak cuacanya, jadi bawaannya selalu pengin minum es. Apalagi kalau dikasih es kolak, hmmm... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi masih panas ya? Hehehe. Bikin yg seger2 aja. Kalo dikasih, sini ke surabaya butuh 7 jam. Sampe sana udah mencair doonk esnyaa. Hihihihi

      Delete