Rehidrasi (Ngasih Minum) Anak yang Muntah



Habis deg-degan nih. Dedek ponakan (2 th) muntah-muntah terus sore ini. Menurutku sih karena gastroenteritis akibat infeksi virus. Dan kemungkinan terjadi karena higiene yang kurang. Habis main sepeda di depan njuk maem tanpa cuci tangan dulu, dll. Trus muntah-muntah deh. Makanan, susu, air putih, semuanya keluar. Hoeek. Trus lemes,, kasian kaan.

Meskipun banyak yang keluar, tetep aja tubuh butuh cairan. Trus gimana caranya merehidrasi anak buat mengganti cairan yang keluar karena muntah?

  1. Berikan AIR PUTIH (bukan susu) sedikit-sedikit (sekitar 2 sdt) tiap 15 menit sampai ga muntah lagi. Jangan berikan minuman manis (seperti the, jus, dll) karena mengandung banyak gula yang justru memperparah kondisi.
  2. Setelah ga muntah sekitar 8 jam, pelan-pelan mulai maem makanan padat kalo udah bilang laper. Makanannya bisa roti, sop, bubur. Yang halus-halus.
  3. Kalo setelah 24 jam ga muntah, pelan-pelan kasih makan seperti biasa. Nasi dan lauk pauknya.
  4. Susunya gmn? Tidak apa-apa dikasih aja. Asal ga muntah lagi.
Kapan kita bawa si anak ke dokter?
  1. Muntah-muntah terus ga berhenti.
  2. Ga pipis selama 6-8 jam.
  3. Mulut kering.
  4. Kulit perut, lengan atas dan kaki terlihat kering dan keriput.
  5. Kesadaran menurun atau ga sadar.
  6. Ngantuk terus.
  7. Nafas cepat dan dalam.
  8. Denyut nadinya cepet atau lemah.
  9. Mata cowong.


Sumber: http://kidshealth.org/parent/firstaid_safe/emergencies/vomit.html#
Sumber Gambar: <a href='http://www.freepik.com/free-vector/boy-drinking-water_799402.htm'>Designed by Freepik</a>

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Rehidrasi (Ngasih Minum) Anak yang Muntah"

  1. mksh mbak postingannya...bermanfaat bgt

    ReplyDelete
  2. Dehidrasi bisa bahaya juga memang, ada yang meninggal gara-gara dehidrasi. Mesti ati-ati ya. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bahaya bgt. Jgn sampai dehidrasi. Sama2 mbak, smg bermanfaat.

      Delete